Donderdag 23 Mei 2013


Nama         :Wasito Adicandra
Nim   :10.141.041
Kelas         :SI2B
Jawaban  STUDI KASUS 3                              
1. Apa alasan paling utama dari mendapatkan data secara elektronik jka dibandingkan dengan secara manual?
Jawab:
      Dengan pengembangan sistem tersebut akan didapat beberapa manfaat utama, yakni : peningkatan kemampuan dan kemudahan akses data secara tepat waktu (improved the timeliness and accessiblity of data), meningkatkan efisiensi biaya dan waktu (saves funds and time), dan meningkatkan kualitas data (improve data quality).
2. Apa perbedaan antara CD-R dan CD-RW?
Jawab:
CD-R. CD-R adalah singkatan dari Compact Disk Recordable adalah piringan pipih berbahan polikarbonat berdiameter 120 mm. Untuk mengisi CD-R dengan data diperlukan sebuah perangkat drive khusus. Proses perekamnya juga dilakukan dengan perangkat lunak khusus untuk mem burning data ke dalam CD-R. Data yang ditulis didalamnya bersifat WORM ( Write Once Read Many ) yang menunjukan bahwa data hanya dapat diisi sekali dan selanjutnya hanya bisa dilihat / dibaca,sedangkan CD-RW yang merupakan pengembangan dari CD-R, sebenarnya dari bentuk sama dengan CD-R hanya sedikit berbeda dalam kegunaan dalam hal penyimpanan data. Perbedaanya adalah CD-RW ( Compact Disk Recordable and reWriteable ) berbahan CD-RW menggunakan logam perpaduan antara perak, indium, antimon, dan telurrium untuk lapisan perekaman dan dapat diubah datanya berkali - kali, dapat di tambah, diganti atau dihapus sewaktu - waktu.
3. Apakah artinya jika sebuah monitor memiliki resolusi layar sebesar 1.600 x 1.200?
Jawab:
Artinya terdapat 1600 titik pada setiap 1200 garis pada layar.


4. Apa yg membuat sebuah telpon “cerdas”?
Jawab:
Telepon cerdas (smartphone) adalah telepon genggam yang mempunyai kemampuan tingkat tinggi, kadang-kadang dengan fungsi yang menyerupaikomputer. Belum ada standar pabrik yang menentukan arti telepon cerdas. Bagi beberapa orang, telepon pintar merupakan telepon yang bekerja menggunakan seluruh perangkat lunak sistem operasi yang menyediakan hubungan standar dan mendasar bagi pengembang aplikasi. Bagi yang lainnya, telepon cerdas hanyalah merupakan sebuah telepon yang menyajikan fitur canggih seperti surel (surat elektronik), internet dan kemampuan membaca buku elektronik (e-book) atau terdapat papan ketik (baik sebagaimana jadi maupun dihubung keluar) dan penyambung VGA. Dengan kata lain, telepon cerdas merupakan komputer kecil yang mempunyai kemampuan sebuah telepon
5. Apa yang di maksud dengan Hacker?
Jawab:
Hacker adalah orang yang mempelajari, menganalisa, dan selanjutnya bila menginginkan, bisa membuat, memodifikasi, atau bahkan mengeksploitasi sistem yang terdapat di sebuah perangkat seperti perangkat lunak komputer dan perangkat keras komputer seperti program komputer, administrasi dan hal-hal lainnya , terutama keamanan.
6. Apa yang di maksud dengan virtual private network?
Jawab:
VPN, adalah singkatan dari Virtual Private Network. Yaitu jaringan private yang keberadaannya tidak diwujudkan secara fisik. Sebuah virtual private network (VPN) berbasis internet/intranet menggunakan infrastruktur yang tersebar dan terbuka dari internet untuk mentransmisikan data antara nodes-nodes yang dikehendaki namun terpisah di ujung-ujung internet/intranet.
7. Apa yang di maksud dengan jaringan peer –to- peer?
Jawab:
 Topologi Peer-to-peer Network
Peer artinya rekan sekerja. Peer-to-peer network adalah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer (biasanya tidak lebih dari 10 komputer dengan 1-2 printer). Dalam sistem jaringan ini yang diutamakan adalah penggunaan program, data dan printer secara bersama-sama.

8. Apa perbedaan antara local area network dengan Internet?
Jawab:
 Pengertian Internet
Internet adalah jaringan informasi komputer global (dunia) yang berkembang sangat pesat dan pada saat ini dapat dikatakan sebagai jaringan informasi terbesar di dunia, sehingga sudah seharusnya kita mengenal manfaat apa yang dapat diperoleh melalui jaringan ini. Dengan internet anda bisa berkirim surat dan bertukar dengan siapa saja di dunia ini tanpa harus membayar jasa pos. Dan komunikasi ini berjalan sangat cepat.
 
Pengertian LAN
Local Area Network biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Sebuah LAN dapat dikonfigurasi jaringan dengan metode client server atau peer to peer. Dengan LAN anda dapat saling berbagi resources dengan perangkat lainnya yang terhubung ke Jaringan.

Perbedaan Internet dengan LAN
internet adalah cakupan internasional atau tidak terbatas pada satu wilayah saja,sekalipun di pulau terpencil asalkan ada modem atau receiver sinyal internet ini mampu diakses.
kalau LAN sesuai dengan
singkatannya Local Area Network, jadi tentu saja cakupan lokal atau area tertentu saja sesuai jaringan yang dibentuk,misalkan jaringan komputer di sebuah kampus atau di warnet tertentu.
9. Mengapa peranti lunak khusus lebih mahal daripada peranti lunak siap pakai?
jawab :
karena perangkat khusus merupakan perangkat yang dibuat secara legal dan mempunyai lisesi hak cipta sedangkan perangkat lunak siap pakai kebanyakan menyalinan atau distribusi perangkat lunak secara ilegal atau tidak sah. Biasanya sebuah program atau aplikasi hanya memberikan izin untuk satu pengguna dan satu komputer saja. Dengan membeli perangkat lunak, seseorang menjadi pengguna berlisensi atau berizin dan bukan pemilik. Jadi, jika seseorang menyalin dan dan memperbanyak perangkat lunak tersebut, itu disebut sebagai pembajakan perangkat lunak.


10. Apa arti kalimat “mudah digunkan” (user friendly)?
Jawab:
Software yang user friendly atau ramah pengguna akan menjadi nilai lebih dan menentukan banyaknya konsumen yang senang memakai software yang kita buat. Maksud dari software user friendly adalah perangkat lunak yang memiliki kemampuan mudah dioperasikan dan membuat pengguna betah memakai software tersebut.

system informasifungsiona


1.       Mengapa system informasifungsionaltidakberdirisendiritapibergantungpada CBIS selebihnya?
Jawab :
Sisteminformasifungsionaltidakberdirisendiritapibergantungpada CBIS  karnadalampembahasansisteminformasifungsionalakanmembahasjugasisteminformasi yang berorientasipadapemasaran yang manamenggunakanbantuankomputerdengan model sisteminformasiberbasiskomputer (CBIS) di pergunakansebagaialat bantu yang mendukungpengambilankeputusan, koordionasidankendalisertavisualisasidananalisispemasaran.

2.       Apatigaarusinformasi yang di identifikasikanKotler ?
Jawab :
Ø  Intelijenpemasaran
Ø  Informasipemasaran intern
Ø  Komunikasipemasaran

3.       System input MKIS yang mana yang mengumpulkan data pelanggan? Data pesaing?
Jawab :
Ø  Data untukpersiapanlaportanperiodik
Ø  Data untukpersiapanlaporankhusus
Ø  Data untuk model matematikadansistempakar

4.       Jenisoutput komputerapa yang dapat di hasilkandari data yang di sediakanolehSIA ?dapatkahoutput yang samaini di hasilkandari data yang di sediakanoleh 2 subsisteminput lain ?
Jawab :
Jenis output komputerapa yang dapat di hasilkan data dari data yang di sediakanoleh SIA semuanyatermasukyaitulaporanperiodik, laporankhusus, model matematikadansistempakar. Iya, bisakuncinyaadalahjikaperusahaantidakmemiliki SIA yang baik, perusahaantidakdapatberharapuntukmenyediakaninformasi yang baikuntukparapemecahmasalahnya.

5.       Apaduajenisdasardata ?
Jawab :
Data primer dan data sekunder

6.       Apaempatcarautamauntukmengumpulkan data primer ?yangmana yang dapat di lakukantanpasepengetahuandanpersetujuandari orang yang menyediakaninformasiitu ?
Jawab :
Ø  Survey
Ø  Wawancaramendalam
Ø  Pengamatan
Ø  Percobaanterkontrol

Yang dapat di lakuakantanpasepengetahuandanpersetujuan orang yang menyediakaninformasiadalahpengamatandanpercobaanterkontrol.

7.       Pertanyaanapakah yang di jawaboleh data survei ?pertanyaanapakah yang di jawaboleh data wawancaramendalam ?
Jawab :
 Survey yaitu, padaapa?yangkonsumenlakukan.
Penekananwawancaramendalammendapatkanpenjelasanmengapa? Konsumenbertindakdemikian.
8.       Platform perangkatkerasapa yang menjadi target sebagianbesarperangkatlunakrisetpemasaran ?sebutkantigafungsi yang biasanya di lakukanperangkatlunaktersebut.
Jawab :
1.       Intelijenpemasaran (marketing inteligence) = informasi yang mengalirkeperusahaandarilingkungan.
2.       Informasipemasaran intern (internal marketing information)= informasi yang dikumpulkandidalamperusahaan
3.       Komunikasipemasaran (marketing communication)=informasi yang mengalirkeluardariperusahaankelingkungan.
9.       Apakahketersediaanperangkatlunakrisetpemasaranuntuk computer micro memampukanperusahaankeciluntukmelaksanakansendiriproyekrisetnya ?jelaskan.
Jawab
Ya, karenapaket-paket yang adapadakomputermikrodigunakanuntukmelaksanakanberbagaijenisaplikasi yang bervariasidarimembantupewawancarateleponhinggamelakukananalisisstatistikcanggih.Ada jugapaket yang menghasilkangrafikdaripenemuanriset.

10.   Apakahperbedaanantaraspionase industry denganintelijenpemasaran ?
Jawab :
1.       SpionaseIndustry :praktikrahasiadankadang-kadangilegalmenyelidikipesainguntukmendapatkankeuntunganbisnis.
2.       IntellijenPemasaran :mengacupadaberbagaikegiatan yang etis yang dapatdigunakanuntukmendapatkaninformasitentangpesaing.

11.   Apasaja 3 periodewaktudarisiklushidupproduksaatdukunganinformasitersedia ?
Jawab :
Ø  Peridepertamamendahuluiperkenalanproduk, saat di buatkeputusanapakahakanmengembangkandanmemasarkanproduk.
Ø  Periodekeduamencakupwaktusaatberbagaistrategiperlu di pertimbangkanuntukmembuatpenjualantetapberjalan.
Ø  Periodeketigaadalahselamterjadinyapenurunan, saatpenghapusanprodukmerupakansuatu alternative.

12.   Siapa yang menggunakanoutput dari model evaluasiprodukbaru ?
Jawab :
Digunakanolehparaeksekutifuntukmeningkatkankeuntungandanefisiensipenggunaansumberdayadengancaramemilikikomiteprodukbaru (new product committee), yang melakukanfungsiseleksidenganmenggunakan model evaluasiprodukbaru (new product evaluation model) untukmenghitungnilaibagicalonprodukbaru.

RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING SERVICE HARDWARE (STUDI KASUS DI PT.X)



RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING SERVICE HARDWARE
(STUDI KASUS DI PT.X)


NAMA KELOMPOK :     
1.      HANISA  TRISNA.S             :10.141.164
2.      RIO SEPTIAN MAULANA  :10.141.130
3.      SRI WIDIYASTUTI               :10.141.176(pindahanSI2A)
4.      PUTRI WULANDARI           :10.141.069(pindahanSI2A)
5.      WASITO ADI CANDRA       :10.141.041
KELAS                      : SI2B






UNIVERSITAS BINA DARMA PALEMBANG
                          2013/2014





STUDI KASUS


Berdasarkan observasi, dapat dilakukan analisis terhadap permasalahan yang ada. Tabel  
1 berikut menggambarkan tabel Sebab-Akibat terhadap permasalahan yang ada.


Dari permasalahan diatas, ajukan solusi terbaik menurut pemikiran Anda, jika Anda memiliki alternatif solusi, sebutkan jelaskan alternatif solusi tersebut dilengkapi dengan dasar referensi yang Anda gunakan.























PEMBAHASAN


NO.
Permasalahan
Solusi
1
Tidak terdatanya perangkat keras komputer yang baru
Membuat form pendaftaran perangkat keras komputer secara terkomputerisasi
2
Tidak terdatanya laporan perangkat keras komputer yang rusak
Membuat form laporan kerusakan perangkat keras komputer secara terkomputerisasi
3
Kesulitan mencari daftar vendor
Membuat daftar vendor
4
Tidak adanya informasi kemajuan perangkat keras komputer yang sedang diperbaiki
Membuat laporan informasi progres perangkat keras komputer yang dapat dipantau oleh pelopor
5
Lupa mengambil, lupa jumlah dan jenis perangkat keras komputer yang diperbaiki vendor
Menyediakan data yang memuat waktu perbaikan,jenis dan jumlah perangkat keras yang diperbaiki oleh vendor



























DAFTAR REFERENSI
Link: Journal.uii.ac.id/index.php/Snati/article/viewFile/16401415


soaL


SOAL
1.       Sebutkan perbedaan  dasar antara seorang eksekutif dan seorang manager  tingkat rendah?
2.       Fungsi manager  fayol yang mana diperkirakan paling kritis pada tingkat eksekutf   ?
3.       Peran managerial  mintzberg dimana yang diperkirakan paling kritis pada tingkat eksekutif
4.       Bagaimana istilah lingkugan yang digunakan kotter berbeda degan yang biasa kita pakai?
5.       Apakah eksekutif mengikuti pendekaan sistem ? jelaskan
6.       Bagaimana eksekutif mintzberg menghabiskan sebagian besar waktu nya ?
7.       Daftar kan 8 sumber utama SIE yang diidentifikasikan dalam penelitian jones dan Mcleood. Berikan tanda bintang disebelah sumber-suber ang memberikan komputer terbaik antara volume yang tinggi dan nilai tinggi?
8.       Apakah potensi penggunaan informasi  berpengaruh pada nilai nya menurut penelitian jones da Mcleood jika ya, jelaskan??
9.       Apakah penelitian rock art dan treacy mendukung keyakinan bahwa eksekutf lebih menyukai ikhtisar informasi , jelaskan jawaban anda.
10.   Bedakan antara pelatih EIS dan sopir EIS.?
11.   Lima langkah apa yang dapat dilakukan eksekuif untuk meningkatkan sistem infromasi mereka ?
12.   Perlukah EIS menyertakan informasi yang dihasilkan komputer ?
Jawab:
1.  perbedaan seorang  dasar antara seorang eksekutif dengan seorang manajer tingkat rendah yaitu eksekutif berbeda – bukan dalam karakteristik  pribadi tetapi dalam hal perkerjaanya da cara pelaksaaannya sedangkan manajer tingkat rendah eksekutif bukanlah sekedar manajer  tingkat rendah dengan pangkat yang lebih tinggi.
2.  manager fayol bahwa semua manajer melakukan fungsi – fungsi manajemen yang sama merencanakan, mengorganisasi, menyusun staf, mengarahkan dan mengendalikan.
3. Peranan managerial minzberg, manager tingkat rendah yang merundingkan tanggal pengiriman dengan pemasok. Keduanya berunding, tetapi dengan orientasi yang berbeda.
4. pertama, mereka menetapkan agenda – tujuan yang harus dicapai perusahaan. Kedua, eksekutif membangun jaringan. Ketiga, eksekutif bekerja untuk menetapkan lingkungan norma dan nilai yang tepat sehingga para anggota jaringan dapat bekerja mencapai agenda itu.
5. ya, karna sistem informasi eksekutif berada dipuncak sistem informasi fungsional dan menyediakan informasi bagi eksekutif.
6.  eksekutif mintzberg menghabiskan sebagian besar waktu nya untuk mengumpulkan datanya pada awal 1970-an.




7. Daftar  8 sumber utama SIE
·         Perusahaan tanpa sistem informasi eksekutif
·         Perusahaan dengan sistem informasi eksekutif
·         Mengidentifikasi lima kegiatan dasar yang membentuk waktu CEO
·         Terdapat variasi volume yang besar antara satu eksekutif dengan eksekutif lain
·         Berisi grafik batang memperlihatkan distribusi nilai dari semua eksekutif
·         Menunjukkan sumber – sumber informasi
·         Menunjukkan distibusi
·         Informasi berdasarkan peran keputusan
8. ya, karna melihat dari kebutuhan untuk mempelajari lebih lanjut mengenai sumber – sumber dan media informasi eksekutif daripada yang telah dilaporkan  oleh mintzberg.
9. iya, karna eksekutif enggunakan informasi komputer terutama dalam perencaan dan pengendalian.
10. pelatih EIS adalah anggota staf eksekutif,jasa informasi,atau organisasi konsultasi luar yang menyediakan bantuan dalam memulai sistem. Sedangkan Sopir EIS adalah anggota staf eksekutif yang mengoperasikan peralatan bagi eksekutif.
11. Lima langkah apa yang dapat dilakukan eksekuif untuk meningkatkan sistem infromasi.
·         Mencatat transaksi – transaksi informasi yang masuk
·         Merangsang sumber – sumber bernilai tinggi
·         Memanfaatkan peluang
·         Menyesuaikan sistem pada perorangan
·         Memanfaatkan teknologi
12. perlu, karna EIS merupakan suatu sistem yang menyediakan informasi bagi eksekutif mengenai kinerja keseluruhan perusahaan.


sistem informasi


Pertanyaan :
1.      Apa sajakah 4 tahap penyelesaian  masalah simon.?
2.      Kerangka berpikir mana kah yang akan anda gunakan dalam menerapkan pendekatan sistem?
3.      Bagaimana kah bentuk batasan internal dan lingkungan?
4.      Apa sajakah 3 pendekatan pemilihan alternatif menurut mintzberg?
5.      Apakah yang dimaksud dengan struktur masalah ?
6.      Kelemahan SIM apakah yang di atasi oleh gorri dan scott-morton?
7.      Bagaimana kah cara gorri dan scott-morton menggunakan istilah sistem pendukung pengambilan keputusan (deciption support system)?
8.      Sebutkan output dari DSS?
9.      Sebutkan 4 jenis model?
10.  Apa saja kah yang ditawarkan oleh semua jenis model.?
11.  Bagaimana kah model matematis di klasifikasi kan ?
12.  Dua jenis data apakah yang dimaksudkan kedalam model matematis untuk memulai simulasi ?
13.  Jenis data apa kah yang dimanipulasi mager ketika memainkan permainan bagiamakah jika?
14.  Dua kelemahan model matematika manakah yang diatasi oleh lembar kerja elektronik (spredsheet)?
15.  Apa sajakah kolom lembar kerja yang digunakan dalam sebuah model dinamis?
16.  Apa sajakah 4 bagian utama dari sebuah sistem pakar?
17.  Apa yang disebut pariabel tujuan.?
18.  Jelaskan perbedaan antera pertukaran sinkron dan asinkron?
19.  Mengapa anonimitas penting dalam pengaturan DGSS?
Jawab:
1.      a. Aktivitas intelejen.Mencari di sekitar lingkungan kondisi yang harus di pecahkan
b.Aktivitas perancangan,menemukan ,mengembangkan dan menganalisis tindakan-tindakan yang mungkin dilakukan.
c.Aktivitas pemilihan .memilih tindakan tertentu dari beberapa yang tersedia.
d.Aktivitas pengkajian,memeriksa pilihan-pilihan yang lalu.

2.      Kerangka yang digunakan adalah kerangka sistem model umum.

3.      - Batasan Internal yaitu biasa nya berbentuk sumber daya yang terbatas yang ada didalam perusahaan. Contoh unit TI tidaki dapat merancangsistem CRM karena kurangnya keahlian dalam  OLAP  , sedangkan

-Batasan Lingkungan yaitu berbentuk tekanan berbagai  elemen lingkungan yang membatasi berbagai sumber daya dari dan perusahaan. Contoh  adalah peningkatan suku  bunga oleh suatu perusahaan yang meningkat kan biaya ekspansi pabrik.

4.      -Analisis
Suatu evaluasi sistematis atas pilihan-pilihan dan mempertimbangkan pilihan tersebut pada tujuan organisasi.
-Penilaian
Proses mental dari seorang manajer.
-Tawar menawar
Negoisasi antara beberapa manajer.

5.       Struktur masalah adalah,Permasalahan yang dapat  memahami beberapan masalah lebih baik dibandingkan dengan lain. Karena terdiri atas unsur dan hubungang antara berbagai elemen yang semua nya dipahami oleh oraang yang mengerjakan masalah.

6.       cara gorri dan scott-morton menggunakan istilah sistem pendukung pengambilan keputusan (deciption support system)dengan cara mereka berusaha menambahkan beberapa hal ke dalam konsep SIM.sebaliknya mereka telah mengidentifikasi  suatu jenis baru sistem informasi.Sejak 1971,DSS telah menjadi jenis sistem informasi yang paling sukses dan kini menjadi aplikasi komputer untuk pemecahan masalah yang paling produktif



7.      .Mereka mendiskripsikan sistem yang didesain untuk membantu manager dalam memecahkan maslah tertentu.  Ide dasar agar manager dan komputer dapant bekerja sama untuk memecahkan masalah tersebut, jenis masalah yang dapat diselesaikan adalah masalah yang semiterstruktur. Komputer dapat menyelesaikan bagian yang tidak terstruktur.

8.      Output DSS yang pertama kali terdiri atas laporan output dari model matematika , kapasitas pemecahan kelompok ditambah, diikuti dengan kecerdasan bantuan(artificial intelligence) dan proses analisis online(on-line analyticalprocessing-OLAP).


9.       –Model  Fisik
-model naratif
-model grafis
-model matematis

10.   A .  Proses pemodelan dapat menjadi pengalaman belajar. Manager akan selau mempelajari suatu yang baru mengenai  sistem sesungguhnya melalui setiap proyek  pemodelan
B.  Kecepatan proses simulasi memungkin kan sejumlah besar alternatif dapat dipertimbangkan dengan cara membarikan kemampuan untuk mengevaluasi dampak keputusan dalam waktu yang singkat. Hanya dalam beberapa menit, kta dapat menyipulasikan beberapa bulan, kuartal atau tahunan operasional perusahaan.
C. Seperti yang telah dibahas sebelumnya. Model memberikan kemampuan memberikan model prediksi pandangan kemasa depan –yang tidak dapat diberikan oleh metode penyedia informasi lain.
D. Model tidak semahal upaya uji coba. Proses pemodelan memang mahal jika diliat dari masa perancangan dan biaya peranti keras dan peranti lunak yang dibutuhkan untuk melakukan simulasi, namun biaya ini tidak setinggi biaya yang telah terjadi jika keputusan yang buruk diimplementasikan di dinia nyata.

11.    Model matematis dapat diklarifikasikan ke dalam 3 dimensi:
1.      Model statis atau Dinamis model statis adalah tidak melibatkan waktu sebagai salah satu variabel, model ini berkenaan  dengan simulasi pada waktu tertentu.
2.      Model probabilitas atau Deterministik yaitu untuk mengklarifikasi beragam model

12.   –     skenario
-          Variabel keputusan  

13.   Memanipulasi satu atau lebih variabel unuk melihat dampak dari hasil simulasi. Sebagai contoh, dalam anggota oprasional pemecahan masalah dapat melakukanperubahan terhadapgaji sesungguhnya(mungkin menaikkan nya sebanyak 10 persen untuk menyipulasikandampak kenaikkan gaji) dan dampak varian gajidan seluruh varian. Dalam aliran kas, maager kauangan dapat memanipulasi angka-angka kas masuk dan kas keluar untk melihat dampak nya.

14.  - Kapabilitas pemodelan statis
-kapabilitas pemodelan dinamis

15.    Yaitu kolom lembarwaktu sebagai variabel dan menggambar kan perilaku  ebtitas seiring dengan waktu.


16.  > User interface, memungkinkan pemakai untuk beriteraksi dengan sistem pakar.
>Knowledge Base, menyimpan akumulasi pengetahuan dari masalah yang akan diselesaikan.
>Inference Engine, menyediakan kemampuan penalaran yang menafsirkan isi knowledge base.
>Development Engine, pakar dan analis sistem menggunakan  ini untuk menciptakan sistem pakar

17.   Variabel tujuan adalah suatu variabel dimana variabel tersebut mempunyao nian dalam membantu kinerja manager dalam menyelesaikan masalah .

18.  Pertukaran sinkron adalah jika para anggota bertemu pada saat bersamaan ,salah satu contoh adalahpertemuan komite. Sedangkan
Pertukaran Asinkron adalah  jika para anggota bertemu  pada saat waktu berbeda-beda, salah satu contoh adalah saling berbalas komunikasimelalui e-mail.

19.  Karena ketika tidak ada yang dapat mengetahui  siapa yang memberikan komentar tertentu.  Anomitas memungkinkan peserta  untuk mengatakan apa yang mereka pikirkan tanoa takut diejek ileh anggota kelompok yang lain , selain itu fitur ini juga memungkinkan masing-masing ide untuk dievaluasi berdasarkan kelebihannya dan bukan berdasarkan siapa yang berikutnya.