Pertanyaan
:
1. Apa sajakah 4 tahap
penyelesaian masalah simon.?
2. Kerangka berpikir mana kah
yang akan anda gunakan dalam menerapkan pendekatan sistem?
3. Bagaimana kah bentuk batasan
internal dan lingkungan?
4. Apa sajakah 3 pendekatan
pemilihan alternatif menurut mintzberg?
5. Apakah yang dimaksud dengan
struktur masalah ?
6. Kelemahan SIM apakah yang di
atasi oleh gorri dan scott-morton?
7. Bagaimana kah cara gorri dan
scott-morton menggunakan istilah sistem pendukung pengambilan keputusan
(deciption support system)?
8. Sebutkan output dari DSS?
9. Sebutkan 4 jenis model?
10. Apa saja kah yang ditawarkan
oleh semua jenis model.?
11. Bagaimana kah model matematis
di klasifikasi kan ?
12. Dua jenis data apakah yang
dimaksudkan kedalam model matematis untuk memulai simulasi ?
13. Jenis data apa kah yang
dimanipulasi mager ketika memainkan permainan bagiamakah jika?
14. Dua kelemahan model
matematika manakah yang diatasi oleh lembar kerja elektronik (spredsheet)?
15. Apa sajakah kolom lembar
kerja yang digunakan dalam sebuah model dinamis?
16. Apa sajakah 4 bagian utama
dari sebuah sistem pakar?
17. Apa yang disebut pariabel
tujuan.?
18. Jelaskan perbedaan antera
pertukaran sinkron dan asinkron?
19. Mengapa anonimitas penting
dalam pengaturan DGSS?
Jawab:
1. a. Aktivitas
intelejen.Mencari di sekitar lingkungan kondisi yang harus di pecahkan
b.Aktivitas
perancangan,menemukan ,mengembangkan dan menganalisis tindakan-tindakan yang
mungkin dilakukan.
c.Aktivitas
pemilihan .memilih tindakan tertentu dari beberapa yang tersedia.
d.Aktivitas
pengkajian,memeriksa pilihan-pilihan yang lalu.
2. Kerangka yang digunakan
adalah kerangka sistem model umum.
3. - Batasan Internal yaitu
biasa nya berbentuk sumber daya yang terbatas yang ada didalam perusahaan.
Contoh unit TI tidaki dapat merancangsistem CRM karena kurangnya keahlian
dalam OLAP , sedangkan
-Batasan
Lingkungan yaitu berbentuk tekanan berbagai
elemen lingkungan yang membatasi berbagai sumber daya dari dan
perusahaan. Contoh adalah peningkatan
suku bunga oleh suatu perusahaan yang
meningkat kan biaya ekspansi pabrik.
4. -Analisis
Suatu evaluasi sistematis atas pilihan-pilihan dan mempertimbangkan pilihan tersebut pada tujuan organisasi.
-Penilaian
Proses mental dari seorang manajer.
-Tawar menawar
Negoisasi antara beberapa manajer.
Suatu evaluasi sistematis atas pilihan-pilihan dan mempertimbangkan pilihan tersebut pada tujuan organisasi.
-Penilaian
Proses mental dari seorang manajer.
-Tawar menawar
Negoisasi antara beberapa manajer.
5. Struktur masalah adalah,Permasalahan yang
dapat memahami beberapan masalah lebih
baik dibandingkan dengan lain. Karena terdiri atas unsur dan hubungang antara
berbagai elemen yang semua nya dipahami oleh oraang yang mengerjakan masalah.
6. cara gorri dan scott-morton menggunakan
istilah sistem pendukung pengambilan keputusan (deciption support system)dengan
cara mereka berusaha menambahkan beberapa hal ke dalam konsep SIM.sebaliknya
mereka telah mengidentifikasi suatu
jenis baru sistem informasi.Sejak 1971,DSS telah menjadi jenis sistem informasi
yang paling sukses dan kini menjadi aplikasi komputer untuk pemecahan masalah
yang paling produktif
7. .Mereka mendiskripsikan
sistem yang didesain untuk membantu manager dalam memecahkan maslah
tertentu. Ide dasar agar manager dan
komputer dapant bekerja sama untuk memecahkan masalah tersebut, jenis masalah
yang dapat diselesaikan adalah masalah yang semiterstruktur. Komputer dapat
menyelesaikan bagian yang tidak terstruktur.
8. Output DSS yang pertama kali
terdiri atas laporan output dari model matematika , kapasitas pemecahan
kelompok ditambah, diikuti dengan kecerdasan bantuan(artificial intelligence)
dan proses analisis online(on-line analyticalprocessing-OLAP).
9. –Model
Fisik
-model naratif
-model grafis
-model matematis
10. A .
Proses pemodelan dapat menjadi pengalaman belajar. Manager akan selau
mempelajari suatu yang baru mengenai
sistem sesungguhnya melalui setiap proyek pemodelan
B. Kecepatan proses simulasi memungkin kan
sejumlah besar alternatif dapat dipertimbangkan dengan cara membarikan
kemampuan untuk mengevaluasi dampak keputusan dalam waktu yang singkat. Hanya
dalam beberapa menit, kta dapat menyipulasikan beberapa bulan, kuartal atau
tahunan operasional perusahaan.
C. Seperti yang
telah dibahas sebelumnya. Model memberikan kemampuan memberikan model prediksi
pandangan kemasa depan –yang tidak dapat diberikan oleh metode penyedia
informasi lain.
D. Model tidak
semahal upaya uji coba. Proses pemodelan memang mahal jika diliat dari masa
perancangan dan biaya peranti keras dan peranti lunak yang dibutuhkan untuk
melakukan simulasi, namun biaya ini tidak setinggi biaya yang telah terjadi
jika keputusan yang buruk diimplementasikan di dinia nyata.
11. Model matematis dapat diklarifikasikan ke
dalam 3 dimensi:
1. Model statis atau Dinamis
model statis adalah tidak melibatkan waktu sebagai salah satu variabel, model
ini berkenaan dengan simulasi pada waktu
tertentu.
2. Model probabilitas atau
Deterministik yaitu untuk mengklarifikasi beragam model
12. –
skenario
-
Variabel keputusan
13. Memanipulasi satu atau lebih variabel unuk
melihat dampak dari hasil simulasi. Sebagai contoh, dalam anggota oprasional
pemecahan masalah dapat melakukanperubahan terhadapgaji sesungguhnya(mungkin
menaikkan nya sebanyak 10 persen untuk menyipulasikandampak kenaikkan gaji) dan
dampak varian gajidan seluruh varian. Dalam aliran kas, maager kauangan dapat
memanipulasi angka-angka kas masuk dan kas keluar untk melihat dampak nya.
14. - Kapabilitas pemodelan
statis
-kapabilitas
pemodelan dinamis
15. Yaitu kolom lembarwaktu sebagai variabel dan
menggambar kan perilaku ebtitas seiring
dengan waktu.
16. > User interface, memungkinkan pemakai untuk beriteraksi dengan sistem pakar.
>Knowledge Base, menyimpan akumulasi
pengetahuan dari masalah yang akan diselesaikan.
>Inference Engine, menyediakan
kemampuan penalaran yang menafsirkan isi knowledge base.
>Development Engine, pakar dan analis sistem menggunakan ini untuk menciptakan sistem
pakar
17. Variabel tujuan adalah suatu variabel dimana
variabel tersebut mempunyao nian dalam membantu kinerja manager dalam
menyelesaikan masalah .
18. Pertukaran sinkron adalah jika
para anggota bertemu pada saat bersamaan ,salah satu contoh adalahpertemuan
komite. Sedangkan
Pertukaran Asinkron adalah jika para anggota bertemu pada saat waktu berbeda-beda, salah satu
contoh adalah saling berbalas komunikasimelalui e-mail.
19. Karena ketika tidak ada yang
dapat mengetahui siapa yang memberikan
komentar tertentu. Anomitas memungkinkan
peserta untuk mengatakan apa yang mereka
pikirkan tanoa takut diejek ileh anggota kelompok yang lain , selain itu fitur
ini juga memungkinkan masing-masing ide untuk dievaluasi berdasarkan
kelebihannya dan bukan berdasarkan siapa yang berikutnya.
Geen opmerkings nie:
Plaas 'n opmerking